7 Tahapan Rekrutmen Paling Efektif dan Efisien

Perekrutan karyawan merupakan salah satu proses penting dalam sebuah perusahaan. Proses ini bertujuan untuk menemukan dan mendapatkan kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang tersedia. Namun perlu dipahami pula bahwa perusahaan perlu mengalokasikan sejumlah dana dalam proses recruitment. Biaya yang biasanya perlu dikeluarkan adalah biaya pemasangan iklan lowongan kerja, bonus untuk tim recruitment, jasa agensi recruitment bila diperluka, dan pengadaan tes kesehatan.

Maka dari itu rangkaian recruitment perlu dilakukan dengan efektif agar perusahaan mendapatkan kandidat terbaik dengan biaya yang efisien. Lalu bagaimana tahapan recruitment yang efektif dan efisien ? Simak tipsnya di bawah ini:

  • Seleksi Administrasi

Tahapan awal berupa seleksi administrasi ditujukan untuk mengetahui latar belakang kandidat apakah sudah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Tetapkan administrasi yang sesuai dengan kriteria yang dicari, seperti daftar riwayat hidup, portofolio, ijazah, KTP, pas foto, dan lain-lain. Untuk mengurangi kinerja manual, bisa menggunakan software recruitment seperti Odoo.

  • Interview HRD dan assessment

Tahap kedua, lakukan interview dengan HRD sekaligus assessment sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan salah satu atau keduanya sekaligus, dengan catatan interview HRD ditujukan untuk mengetahui soft skill kandidat. Sementara assessment ditujukan untuk mengetahui kemampuan kandidat sesuai dengan kriteria yang Anda cari. Contoh: recruitment untuk posisi Customer Service maka assessment yang mungkin cocok adalah tes psikotes atau pemahaman produk.

  • Interview User

Seleksi pada tahap ini ditujukan untuk menilai hard skill kandidat. Anda perlu melakukan interview dengan cermat dan fokus pada kesesuaian kandidat dengan jobdesk dan kriteria yang Anda cari.

  • Medical Check Up

Tahapan ini ditujukan untuk mengetahui kesehatan kandidat agar mampu menjalankan tugas dengan baik jika diterima. Beberapa tes yang bisa Anda lakukan adalah tes kesehatan mata, jantung, tekanan darah, dan tes urin. Anda dapat menyediakan tes kesehatan di tempat, atau mengarahkan para kandidat untuk melakukan tes kesehatan secara mandiri dengan dibuktikan hasil resmi dari instansi kesehatan yang valid.

  • Offering Letter

Jika semua tahapan telah terlewati dan Anda telah mengantongi kandidat terbaik, selajutnya adalah melakukan negosiasi dengan kandidat.

  • Join Date

Tahapan terkahir, tentukan tanggal bergabung bagi kandidat terpilih, Siapkan fasilitas yang diperlukan bagi karyawan baru serta pengelolaan administrasinya.

Untuk memudahkan migrasi data karyawan baru, Anda dapat menggunakan Hrdpintar. Software absensi hingga gaji otomatis yang menyediakan fitur recruitment. Dengan fitur ini, kandidat terpilih dapat langsung Anda input dalam database perusahaan Anda. Selengkapnya hubungi kami di sini.