Apakah Cuti Bersama 2024 Memotong Cuti Tahunan ? Ini Aturan Terbarunya

Bagaimana hak cuti karyawan 2024 diatur menurut undang-undang ?
Apakah cuti bersama hari raya 2024 memotong jatah cuti tahunan ?
Berikut penjelasannya !

Perlu diketahui bahwa peraturan baru mengenai cuti karyawan swasta tertuang dalam UU No. 6 Tahun 2023 yang merupakan pengesahan dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

1. Perbedaan Aturan Cuti Berdasarkan UU Ketenagakerjaan dan Cipta Kerja

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa aturan terbaru mengenai cuti karyawan terletak pada kewajiban perusahaan/pengusaha dalam memberikan istirahat panjang.

Pada aturan sebelumnya, perusahaan dikatakan wajib memberikan waktu istirahat dan cuti yang melibatkan jam istirahat, cuti tahunan, dan istirahat panjang. Namun pada aturan terbaru dikatakan bahwa istirahat panjang dapat diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

2. Apakah Cuti Bersama 2024 Memotong Jatah Cuti Tahunan ?

Mengacu pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor 3 Tahun 2022, cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan. Aturan ini masih berlaku di tahun 2024. Dengan dimikian, jika karyawan atau pekerja libur saat cuti kerja maka jatah cuti tahunannya akan berkurang sesuai jumlah libur yang dilakukannya. Ketentuan aturan ini diatur lebih lanjut pada perjanjian kerja sama, perjanjian kerja, atau peraturan perusahaan.

3. Daftar Cuti Bersama 2024

  • Jumat, 9 Februari 2024: Cuti Bersama Tahun Baru Imlek
  • Selasa, 12 Maret 2024: Cuti Bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946
  • Senin 8, Selasa 9, Jumat 12, Minggu 14 April 2024: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah
  • Jumat, 10 Mei 2024: Cuti Bersama Kenaikan Isa Al Masih
  • Jumat, 24 Mei 2024: Cuti Bersama Hari Raya Waisak
  • Selasa, 18 Juni 2024: Cuti Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah
  • Kamis, 26 Desember: Cuti Hari Raya Natal

4. Kelola Saldo Cuti Tahunan

Gunakan Hrdpintar untuk pengelolaan cuti karyawan mudah dan cepat tanpa perlu menemui HRD secara langsung. Dengan Hrdpintar, karyawan dapat mengajukan cuti dan memantau saldo cutinya hanya melalui ponsel. HRD dan pemilik bisnis akan langsung mendapatkan notifikasi pengajuan cuti dan melakukan approval dengan mudah dan praktis.

Sistem Hrdpintar juga terintegrasi untuk pekerjaan HRD lainnya, mulai dari database, administrasi kepegawaian, absensi, hingga gaji. Hanya dengan satu sistem semua pekerjaan terintegrasi memudahkan HRD, pemilik bisnis, dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Selengkapnya kunjungi Hrdcare untuk klaim penawaran terbaik, Gratis !