Cari Sistem Absensi dan Gaji Gratis ? Hati-hati dengan 3 Hal Ini

Sistem absensi karyawan sangat penting dalam pengelolaan dan pengawasan sumber daya manusia di sebuah perusahaan atau organisasi. Selain untuk memantau kehadiran karyawan, biasanya absensi menjadi sangat penting dan kompleks karena menjadi dasar penghitungan gaji dan pengukuran kinerja.

Saat ini dengan memanfaatkan perangkat yang semakin canggih dan koneksi internet tiada batas menciptakan banyak pilihan layanan absensi terintegrasi baik berbayar maupun gratis. Pertimbangan memilih sistem terbaik tidak hanya berdasarkan biaya yang dikeluarkan namun juga efektifitas, kenyamanan, bahkan resiko. Sistem berbayar mungkin akan memberikan jaminan keamanan resiko lebih baik dibandingkan gratis karena ada biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan layanan terbaik. Lalu apa yang harus menjadi pertimbangan utama ketika hanya dapat memilih layanan gratis ? Ini dia selengkapnya:

  • Keandalan Sistem

Tidak memungkiri jika layanan gratis memiliki keterbatasan pada beberapa hal, namun sejatinya tidak menghambat penggunaannya untuk absensi dan rekap data kehadiran. Anda dapat menilai keandalannya dari:
downtime yang mungkin muncul selama penggunaan
– fitur-fitur yang tersedia
user interface yang mudah dan ramah pengguna
– kebijakan privasi dan
– skalabilitas atau update sistem
Selain dengan uji coba sendiri, Anda juga dapat melakukan riset mengenai ulasan sistem absensi gratis tersebut.

  • Keamanan Data

Hal ini kerap menjadi isu yang sangat dipertimbangkan mengingat dalam menggunakan sistem pasti kita perlu mengunggah data pribadi atau setidaknya menggunakan perangkat yang terhubung dengan keseharian kita.

Lakukan riset secara menyeluruh terhadap sistem yang akan Anda pilih terkait hal-hal berikut:
– apakah sistem tersebut telah bersertifikat dan terdaftar resmi
– apakah sistem tersebut menggunakan enkripsi yang aman
– ketersediaan backup data
– lakukan pengecekan keamanan dan ulasan seperti di google playstore

  • Dukungan Penggunaan

Meskipun Anda menggunakan layanan gratis, pastikan terdapat dukungan pelanggan (customer support atau customer care) yang dapat diandalkan dalam menggunakan sistemnya.


Hrdpintar Layanan Absensi Hingga Payroll Gratis dan Terpercaya

Dengan Hrdpintar Anda tidak perlu khawatir dengan budget, keamanan, efektivitas hingga kenyamanan dalam mengelola data kepegawaian. Kami menyediakan layanan database karyawan, absensi, hingga gaji lengkap dengan perhitungan pajak PPh21 yang aman dan mudah digunakan. Dengan pilihan layanan Basic dan Pro Anda dapat menyesuaikan sistem terbaik yang bisa diterapkan sesuai kebutuhan. Tidak perlu ragu, customer care kami akan selalu responsif menjawab pertanyaan dan kendala Anda dengan cepat, ramah, dan solutif.
Selengkapnya kunjungi layanan kami untuk untuk info lebih lanjut.