Kerja Hybrid Pantau Karyawan dengan 2 Cara Ini

Sistem kerja hybrid merupakan kombinasi bekerja di kantor (WFO) dan bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah (WFH). Sistem kerja ini kian populer semenjak pandemi COVID-19, meski sebelum era tersebut sudah ada perusahaan yang menerapkannya.

Sistem kerja ini memberikan fleksibilitas dan produktivitas yang lebih tinggi, namun juga menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan, salah satunya adalah bagaimana memantau kinerja karyawan.

Berikut tips yang dapat diterapkan untuk memantau kinerja karyawan yang tidak selalu bekerja di kantor

1. Tetapkan Target yang Jelas

Target yang jelas dan terukur akan membantu karyawan untuk dapat bekerja dengan lebih fokus dan terarah. Tentukan capaian yang diharapkan dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Bagaimana jika capaian pekerjaan berupa deskripsi ? Tentu saja hal ini dapat disiasati dengan mengubahnya menjadi kuantitas atau akumulasi yang terhitung sehingga bisa Anda tetapkan menjadi capaian kerja yang pasti.

Contohnya jika capaian kerja seorang customer service adalah menjawab pertanyaan live chat, maka tentukan berapa persen chat yang harus terjawab dengan tuntas setiap harinya. Atau sales yang diharuskan mengunjungi client setiap harinya, maka Anda dapat menentukan jumlah customer, toko, atau target lain yang harus dikunjungi setiap harinya.

2. Gunakan Beberapa Teknologi Ini

Teknologi dapat membantu perusahaan untuk memantau kinerja karyawan secara lebih efektif. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk komunikasi, produktivitas, bahkan melacak kehadiran karyawan.

Untuk membangun komunikasi yang efektif dengan seluruh karyawan Anda dapat memilih berbagai jenis software, seperti Google Meet, Zoom, Teams, Whatsapp Group, Line Group, dan berbagai platform lain sehingga karyawan memiliki saluran komunikasi terbuka secara berkala atau bahkan intensif. Jangan lupa untuk memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.

Untuk menentukan produktivitas atau capaian kerja, bahkan melacak kehadiran karyawan Anda dapat menggunakan Hrdpintar. Layanan absensi, database, hingga gaji karyawan terotomatisasi.

Sistem absensi Hrdpintar dilengkapi gps dan deteksi wajah, sehingga Anda dapat memantau karyawan secara realtime dan akurat. Anda dapat memantau karyawan yang bekerja dari rumah bahkan sales yang harus bekerja dari satu titik ke titik lain untuk bertemu client.

Produktivitas atau capaian kerja juga dapat Anda pantau dengan sistem KPI. Karyawan dapat mencatat to do list harian dan mengajukan capaian kerjanya melalui aplikasi Hrdpintar mobile, sementara Anda dapat memantau dan memberikan approval dari pengajuannya dengan mudah dan cepat.

Selengkapnya kunjungi layanan kami hanya di www.hrdpintar.com