Daftar Sertifikasi HRD Online dan Offline Resmi 2023

Human Resource Development (HRD) atau pengembangan sumber daya bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia di suatu organisasi, mulai dari rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan, hingga gaji. Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, diperlukan sertifikasi HRD yang merupakan pengakuan atas kemampuan dan keterampilan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Di Indonesia, sertifikasi HRD diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Program sertifikasi saat ini juga telah tersedia secara offline maupun online.

Daftar Sertifikasi HRD

  • Certified Human Resource Officer (CHRO)
    CHRO adalah sertifikasi HRD tingkat dasar yang diperuntukkan bagi profesional HRD yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Sertifikasi ini mencakup materi tentang manajemen sumber daya manusia, seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan, kompensasi dan benefit, dan hubungan industrial.
  • Certified Human Resource Supervisor (CHRS)
    CHRS adalah sertifikasi HRD tingkat menengah yang diperuntukkan bagi profesional HRD yang memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun. Sertifikasi ini mencakup materi tentang manajemen sumber daya manusia yang lebih mendalam, seperti perencanaan sumber daya manusia, penilaian kinerja, manajemen kinerja, dan manajemen perubahan.
  • Certified Human Resource Manager (CHRM)
    CHRM adalah sertifikasi HRD tingkat lanjut yang diperuntukkan bagi profesional HRD yang memiliki pengalaman kerja minimal 10 tahun. Sertifikasi ini mencakup materi tentang manajemen sumber daya manusia secara strategis, seperti strategi SDM, manajemen talenta, dan manajemen budaya organisasi.

Sertifikasi HRD Internasional

  • Certified Human Resources Management Professional (CHRMP)
    CHRMP adalah sertifikasi HRD internasional yang diakui secara global. Sertifikasi ini diselenggarakan oleh Society for Human Resource Management (SHRM).
  • Certified Professional in Human Resources (CPHR)
    CPHR adalah sertifikasi HRD internasional yang diakui secara global. Sertifikasi ini diselenggarakan oleh Canadian Human Resources Professionals Association (CHRPA).
  • Certified International Professional in Human Resources (CIPHR)
    CIPHR adalah sertifikasi HRD internasional yang diakui secara global. Sertifikasi ini diselenggarakan oleh International Association for Human Resource Information Management (IHRIM).

Daftar Penyelenggara Sertifikasi HR

Berikut ini adalah daftar penyelenggara sertifikasi HRD yang resmi di Indonesia:

  • LSP-P1 LPPM Universitas Indonesia
  • LSP-P1 Universitas Gadjah Mada
  • LSP-P1 Universitas Brawijaya
  • LSP-P1 Politeknik Negeri Jakarta
  • LSP-P1 Politeknik Negeri Bandung
  • LSP-P1 Politeknik Negeri Semarang
  • LSP-P1 Politeknik Negeri Surabaya
  • LSP-P1 Politeknik Negeri Yogyakarta

Rekomendasi Sertifikasi HRD Online

1. LinkedIn

LinkedIn menyediakan fitur bernama Learning yang merupakan platform pembelajaran dan kursus digital lengkap dengan sertifikasinya. Fitur ini dapat diakses secara gratis. Anda cukup klik opsi menu di sisi kanan atas lalu pilih Produk Learning kemudian lakukan pencarian dengan mengetik Strategic Human Resources.

Akan muncul beberapa opsi pembelajaran yang disertai kuis dan sertifikat tentang perencanaan SDM mulai dari penilaian kebutuhan perusahaan, hingga perekrutan dan pengelolaan karyawan. Jika Anda sudah mengikuti pembelajaran dan kuis secara lengkap sertifikat akan diberikan secara gratis. Sertifikasi di LinkedIn ini sangat detail, memiliki banyak opsi, mudah diakses, dan dilatih oleh pakar HRD.

2. Udemy

Udemy merupakan platform pembelajaran dari berbagai bidang. Anda dapat menemukan kursus dan sertifikasi HRD baik dari dalam negeri maupun diselenggarakan oleh profesional HRD internasional. Untuk dapat mengikuti sertifikasi di Udemy, Anda perlu membuat akun terlebih dulu. Materi pembelajaran pun sangat mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Anda bisa melakukan pencarian kursus Human Resources Payroll Management & Vendor Relation untuk sertifikasi HR mulai dari sistem payroll, pajak penghasilan, aturan gaji saat cuti, dan lain-lain.

3. Coursera

Jika Anda mencari sertifikasi untuk entry level patut dicoba dengan program Human Resources Analytics yang melatih kemampuan digital dalam pekerjaan HRD.

4. Futurelearn

Dapatkan sertifikasi dari kursus yang melatih Anda mempelajari berbagai macam kebijakan HRD yang ada di seluruh dunia dari perusahaan global dan studi kasus. Anda dapat melakukan pencarian kursus di Fturelearn dengan kata kunci Human Resources Management : An Introduction.

5. Home Study Centre

Home Study Centre merupakan platform pembelajaran yang menyediakan kursus dan sertifikasi dari berbagai bidang. Anda dapat melakukan pencarian HR Management Short Course untuk kursus dan sertifikasi dasar-dasar HRD.

Tips Menjadi HRD Profesional yang Mampu Meningkatkan Nilai Perusahaan

Disamping sertifikasi, menjadi HRD yang profesional dan mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi perusahaan atau organisasi perlu menerapkan strategi tersendiri. Mulai dari program kerja yang efisien hingga soft skill yang berkompeten. Simak tips menjadi HRD yang profesional di sini.