Tips Jitu Screening CV Kandidat dalam 7 Detik

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, penilaian CV kandidat menjadi semakin penting. Namun, dengan banyaknya jumlah CV yang masuk, HRD hanya memiliki waktu sekitar 7 detik untuk menilai setiap CV. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tips menilai CV kandidat dalam 7 detik.

Berikut adalah beberapa tips menilai CV kandidat dalam 7 detik:

  • Perhatikan Format CV. 
    Perhatikan CV kandidat yang memiliki format konsisten, rapih, nyaman di lihat, tidak terlalu banyak deskripsi, dan mudah dipahami.
  • Temukan Kata Kunci yang Relevan dengan Kualifikasi
    Temukan kata kunci yang sesuai dengan kualifikasi yang dicari, terutama pada bagian pendidikan, pengalaman, dan keterampilan. Misalkan kualifikasi mengharuskan pengalaman kerja selama beberapa periode, maka Anda dapat memfokuskan diri untuk memilih CV dengan durasi pengalaman kerja yang sesuai.
  • Jangan Membandingkan CV Antar Kandidat. 
    Setiap CV menunjukkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Alih-alih membandingkan CV satu-satu, sebaiknya gunakan metode pemilahan. Yaitu, kelompokkan CV dalam dua kategori, antara “Ya” dan “Mungkin”, dengan demikian proses screening lebih cepat dan tidak bias.
  • Cepat Namun Tidak Tergesa
    Lakukan screening dengan cepat namun tidak asal memutuskan. Dengan memperhatikan kata kunci, Anda tidak perlu membaca detail hingga tata bahasa atau kesalahan tulis, ingatlah Anda masih memiliki kesempatan untuk menggali kandidat lebih dalam pada tahap selanjutnya.

Setelah proses rekrutmen selesai dan berhasil memilih kandidat terbaik, tentunya HRD perlu memasukkan data karyawan baru dalam pengelolaan SDM. Jika karyawan baru hanya berjumlah satu atau dua orang, mudah saja bagi HR menambahkan data kepegawaian. Namun bagaimana jika jumlah karyawan baru cukup banyak, sementara pekerjaan seorang HR tidak hanya mengelola administrasi kepegawaian seluruh perusahaan ?

Gunakan Hrdpintar, software absensi hingga gaji terintegrasi yang menyediakan fitur lowongan pekerjaan. Anda dapat memasang info lowongan pekerjaan gratis sehingga memudahkan pencarian kandidat. Dengan fitur ini juga, kandidat terpilih akan secara otomatis masuk dalam sistem kepegawaian perusahaan Anda. Sehingga HRD tidak perlu migrasi ulang dan manual data kepegawaian satu per satu. Semua menjadi lebih mudah.

Lihat halaman lowongan kerja Hrdpintar di sini.