Ini Dia 5 Cara Mengakali Absensi Online

Absensi online menjadi solusi praktis untuk memantau kehadiran dan melacak aktivitas kinerja karyawan. Namun, tidak dipungkiri ada karyawan yang melakukan kecurangan dengan mengakali sistem ini agar data kehadiran tampak sesuai ketentuan. Tentu saja hal ini merupakan hal yang melanggar etika dan aturan kerja.
Berikut 5 cara mengakali sistem absensi online yang biasa dilakukan karyawan:

1. Install Fake GPS atau Mock Location

Salah satu cara paling banyak dilakukan karyawan untuk mengakali absensi online adalah install fake gps atau mock location. Aplikasi ini cukup banyak ditemukan di play store sehingga sangat mudah untuk digunakan. Klik di sini untuk melihat beberapa aplikasi fake gps paling banyak digunakan.

Perlu diketahui, biasanya jika sudah pernah install aplikasi ini maka sangat sulit untuk menghilangkannya meski sudah di uninstall, terkadang perlu dilakukan reset hp agar efek aplikasi GPS palsu ini benar-benar hilang.

Biasanya tujuan karyawan menggunakan aplikasi ini agar posisi absennya terekam di lokasi yang disetujui kantor padahal posisi realtime karyawan tidak berada di tempat tersebut.

2. Install Aplikasi Untuk Manipulasi Jam HP

Pada dasarnya settingan jam di setiap HP sudah disesuaikan dengan lokasi terkini dan tidak dapat dimanipulasi. Namun ada juga aplikasi yang dapat dimanfaatkan agar jam di HP dapat diubah sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini tentu merugikan karena bisa jadi karyawan datang terlambat namun data kehadirannya mengikuti jam yang sudah dimanipulasi.

3. Install Aplikasi Untuk Manipulasi Foto

Foto selfie saat absensi juga bisa dimanipulasi menggunakan metode Face Off dan Fake Camera. Pada dasarnya seharusnya foto selfie dilakukan dengan gambar wajah manusia asli. Namun dengan metode ini karyawan bisa melakukan foto bukan wajah asli tapi tampak seperti wajah asli di sistem absensi. Terkadang hasil manipulasi foto bisa sangat menyerupai wajah asli.

4. Root atau Jailbreak HP

Metode root dan jailbreak pada HP ditujukan untuk mengubah settingan fitur yang terkunci dalam sistem operasi dan aplikasi resmi. Dengan demikian, karyawan bisa melakukan manipulasi pada lokasi, waktu, hingga foto absensinya.

5. Titip Absen

Jika kebijakan absensi online tidak dilengkapi dengan foto selfie sebagai bukti, karyawan dapat melakukan kecurangan berupa titip absen kepada rekan kerjanya. Hal ini bisa saja dilakukan jika sebenarnya karyawan tidak masuk kerja tapi tetap memiliki data kehadiran karena absensi dilakukan oleh rekan kerjanya. Adapula jika sistem absensi online tidak dilengkapi dengan sistem face recognition maka tidak akan terdeteksi bahwa wajah yang ada di foto bukanlah karyawan yang sesungguhnya. Maka dari itu diperlukan sistem yang bisa mengenali apakah wajah saat absensi betul karyawan terkait atau bukan berdasarkan foto yang ada di database.

Cara Mengatasi Kecurangan Sistem Absensi Online

Pilihlah sistem absensi online yang sudah dilengkapi sistem penanganan kecurangan dan alternatif pemantauan. Tidak dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, aplikasi untuk mengakali absensi online semakin marak berkembang. Jika sistem absensi online masih memiliki kelemahan dalam penanganannya, setidaknya ada alternatif fitur yang dapat digunakan untuk menegakkan sanksi kecurangan secara mudah, terbuka, dan tepat sasaran.

Gunakan Hrdpintar, sistem absensi hingga gaji berbasis cloud yang terintegrasi Android dan iOS.

Sistem Hrdpintar sudah dilengkapi dengan anti kecurangan seperti di atas. Ada berbagai fitur yang memudahkan pemantuan dan penegakan sanksi jika terjadi indikasi kecurangan.

Selengkapnya hubungi CS Hrdpintar !